unclemaniam.blogspot.com

Thursday 11 February 2016

MAKSUD MIMPI BERTEMU DENGAN ORANG YANG SUDAH MENINGGAL DUNIA

No comments :


Seseorang seringkali bermimpi ketika mereka sedang tertidur pulas, namun ada sebagian dari orang-orang telah bermimpi bertemu dengan orang-orang terdekat mereka yang telah meninggal dunia dan ternyata ada makna mimpi bertemu orang yang sudah meninggal dunia. Mengapa kita bisa bermimpi bertemu dengan orang yang sudah meninggal? dan apa sajakah makna dibalik mimpi itu?

Makna Mimpi Bertemu Orang yang Sudah Meninggal, Apa Sajakah Itu?

Banyak orang yang menganggap mimpi hanyalah bunga tidur semata sehingga tidak ada makna didalamnya, namun ada sebagian orang yang percaya bahwa setiap mimpi memiliki makna dan bahkan sebagai pertanda adanya hal baik atau buruk. Salah satu mimpi yang dipercaya memiliki makna adalah mimpi bertemu dengan orang yang telah meninggal dunia. Berikut adalah maknanya:

1. Sebagai pertanda kerinduan

Arti mimpi bertemu orang yang sudah meninggal adalah sebagai pertanda bahwa orang itu sangat merindukan sosok yang telah meninggal tersebut seperti orang tua, saudara, dan teman. Setelah bermimpi maka tidak usah diambil pusing dan sebaiknya segera mendoakan orang yang telah meninggal dalam mimpi tersebut agar mendapat ketenangan dan jangan lupa sekali-kali mengunjungi makam mereka.

2. Pertanda adanya pesan dari almarhum


Ada beberapa orang yang berpendapat bahwa bermimpi bertemu dengan orang yang sudah meninggal berarti bahwa almarhum ingin menyampaikan pesan kepadanya karena semasa hidupnya masih ada urusan yang belum terselesaikan.

3. Pertanda akan mendapat pertolongan

Pendapat lainnya mengatakan bahwa bermimpi bertemu dengan orang telah meninggal dunia adalah pertanda akan mendapat pertolongan dari seseorang yang akan membereskan masalah yang dihadapi orang tersebut.

Namun, ketiga makna tersebut belum dapat dibuktikan kebenarannya dan hanya berkembang sebagai mitos yang dipercaya oleh banyak orang.

Selain mimpi bertemu dengan orang yang telah meninggal, bahkan ada pula mimpi bicara dengan orang meninggal. Menurut Primbon Jawa, mimpi itu juga mempunyai makna yang tersembunyi didalamnya yaitu sebagai pertanda bahwa semua yang diusahakan oleh orang tersebut akan sia-sia dan tidak berhasil. Namun sebagai makhluk yang beriman, sebaiknya tidak langsung percaya dengan pertanda tersebut karena makna yang terkandung dalam mimpi tersebut merupakan penafsiran dari manusia saja dan belum terbukti kebenarannya.

Mimpi tersebut dapat mendekati nilai kebenaran jika orang yang bermimpi berperilaku baik dan jujur dalam kehidupannya dan sebelum tidur selalu membersihkan diri terlebih dahulu dan mengambil air wudlu.

Selanjutnya adalah mimpi tentang anggota keluarga yang telah meninggal seperti kakek-nenek, ayah-ibu, dan adik-kakak. Menurut penelitian spiritual yang telah dilakukan, ternyata banyak orang yang memimpikan anggota keluarganya yang telah meninggal dikarenakan oleh alasan psikologis seperti kekhawatiran terhadap kehidupan almarhum di akhirat dan rasa bersalah yang ditimbulkan oleh kurangnya waktu kebersamaan dengan almarhum sewaktu masih hidup. Ada beberapa makna tentang mimpi bertemu dengan anggota keluarga yang sudah meninggal, diantaranya adalah:

1. Merindukan almarhum

Anggota keluarga seperti kakek-nenek, ayah-ibu, dan adik-kakak merupakan orang-orang yang sangat dekat dengan kehidupan seseorang, sehingga wajar bila orang yang telah ditinggal mati oleh keluarganya masih sangat merindukan sosok tersebut. Rasa rindu yang besar dapat memicu seseorang untuk memimpikan orang-orang yang telah meninggal tersebut sebagai obat kerinduan mereka.

2. Almarhum mengharapkan kiriman do’a

Makna lainnya adalah almarhum mengirimkan pesan kepada anggota keluarganya yang masih hidup untuk mengirimi mereka do’a agar mendapat ketenangan di akhirat. Sehingga sebaiknya setelah bermimpi hal tersebut langsung mendo’akan almarhum yang telah dimimpikan.

Itulah beberapa makna mimpi bertemu orang yang sudah meninggal yang telah dipercaya oleh sebagian besar orang dan telah berkembang di masyarakat luas.

No comments :

Post a Comment